BERITA
  • 03 Desember 2019
  • 0 Komentar
  • 82 Kali Dilihat
Penyerahan Benih Ikan Restocking di Perairan Umum

PRINGSEWU, (2/12), Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu melakukan penyerahan restocking ikan menggunakan benih ikan tawes yang berlokasi di Pekon Sukoharjo 1, Pekon Pandansari, Pekon Bandung Baru, Pekon Tanjung Rusia, Pekon Pamenang. Kepala Bidang Pengawasan dan Pasca Panen Solikhin, SH mewakili Kepala Dinas Perikanan yang langsung menyerahkan benih ikan yang juga dihadiri oleh Camat Sukoharjo Drs. Edianto dan Penyuluh Perikanan Wilayah Kecamatan Sukoharjo Hamzah K. Imam, S. Pi.

 Kegiatan restocking menggunakan benih ikan tawes yang merupakan ikan asli lokal indonesia dan juga mengikuti instruksi Menteri Kelautan dan Perikanan yang tertuang dalam Peraturan Menteri Kelautan dan Perikanan Nomor 41/PERMEN-KP/2014 tentang Larangan Pemasukanan Jenis Ikan Berbahaya Dari Luar Negeri ke Dalam Wilayah Negara republik Indonesia. Selain itu Pemerintah menghimbau berdasarkan pasal 84 Undang-undang 31 tahun 2004 jo Undang-undang 45 tahun 2009 bahwa setiap bentuk kegiatan penangkapan ikan yang menggunakan bahan kimia, bahan peledak, alat dan / atau cara yang dapat merugikan dan / atau membahayakan kelestarian sumberdaya ikan dan / atau lingkungannya. Pemerintah menghimbau kepada masyarakat agar menggunakan alat tangkap yang ramah lingkungan dan tidak merusak kelestarian ikan dan jangan memasukkan ikan jenis asing dan invasif.

 Kepala Dinas Perikanan Kabupaten Pringsewu Ir. Moch. Jusuf mengharapkan agar benih ikan yang disebar bisa bermanfaat bagi masyarakat yang embungnya menjadi lokasi restocking dan kedepannya habitat sumberdaya perikanan bisa menjadi lebih baik. (sinyo_adie)