BERITA
  • 22 November 2019
  • 0 Komentar
  • 254 Kali Dilihat
Pembuatan Pakan Buatan di Pekon Rejosari

PRINGSEWU, Rabu (20/11), Pekon Rejosari melakukan kegiatan Belajar Cara Menghitung Konversi Pakan dan Praktek Pembuatan Pakan Buatan yang diarahkan oleh Penyuluh Perikanan Leonardo Bambang D.D, S. Pi., Dio Sandi Kiswara, S. Pi., Sherly Veroka, S. Pi. Kegiatan ini dihadiri juga oleh aparat Pekon Rejosari, Pokdakan Berkah Bangkit Jaya, Pokdakan Maju Lancar, Pokdakan Her Mina Katon

Kegiatan yang merupakan inisiatif Pekon Rejosari tersebut bertujuan untuk mengatasi tingginya harga pakan pabrikan yang sudah menjangkau harga Rp. 10.000,-/kg, sedangkan dengan pakan buatan ini mampu menekan biaya produksi karena harga pakan buatan tersebut berkisar di harga Rp. 7.000,- sampai Rp. 8.000,-. Harga pakan pabrikan yang tinggi membuat keuntungan yang didapat pembudidaya ikan menjadi sangat minim.

Pada kesempatan ini juga para penyuluh mengajarkan cara menghitung jumlah kebutuhan bahan baku yang akan digunakan dalam menghasilkan 1 kg pakannya juga proses atau alur pembuatan pakan yang menggunakan mesin pakan. Diharapkan dengan adanya kemandirian dalam pembuatan pakan ini mampu menekan besarnya biaya produksi budidaya ikan dan juga meningkatkan kesejahteraan pembudidaya ikan kedepannya. (sinyo_adie)